Mau Tau Tas Dompet atau Sendal Kamu Terbuat dari Kulit Asli atau Palsu?

2 bulan yang lalu    

1. Dibakar - Kulit Sapi, Buaya

Biasanya ada yang nyaranin dengan cara dibakar. Saat dibakar korek dalam waktu 3-5 detik udah monyot berarti imitasi alias PU Leather. Kalau asli gak akan monyot, karena kulit sapi atau buaya adalah jenis leather yang paling tebal diantara yang lain.

 

2. Aroma - Kulit Domba, Kambing

  • Barang berbahan kulit asli biasnya mempunyai aroma yang khas. Untuk Kulitdomba/kambing, ada sedikit semerbak bau kambing saat baru dibeli.
  • Umumnya barang berbahan kulit bau lem, karena handmade (dosis lemnya lebih banyak), jarang yang dibuat pabrik (lemnya lebih sedikit). Jika dibuat pabrik pun masih semi handmade.

 

3. Tekstur - Kulit Python, Sapi, Domba

  • Untuk kulit ular kalau dibelai sisiknya mangap, kalau dia dibelai tetep rata berarti palsu.
  • Untuk Kulit Sapi/domba/kambing bisa dilihat permukaanya dia agak berpori-pori atau bergaris pori.
  • Untuk kulit buaya bisa kamu perhatikan permukaannya baik dilihat atau disentuh, dia unik, teksturnya tidak sama antara pola satu dengan yang pola lain.. Kalau semua garis polanya sama antara satu dgn yg lain, bisa jadi dia palsu atau kulit sapi yang distem "dicap" buaya (Walau distem, perhatikan ya guys.. kulit sapi berpori atau memiliki garis pori)

 

4. Walau Handmade Jahitannya Rapi

Karena bahan kulit harganya relatif mahal, jadi pengerjaannya harus benar-benar diperhatikan satu persatu. Jahitan itu sendiri merupakan proses penting yang menentukan hasil akhir dari bentuk barang.

 

Harusnya dengan mengidentifikasi ciri 1-4 sudah diketahui jika barang yang kamu miliki saat ini, asli kulit atau imitasi leather (PU). Kalau kamu belum yakin, Silahkan balik ke cara 1 hehhhe, atau kamu punya cara lain? Silahkan share dikolom komentar ya:)

 

By. Zalena Swangy




Komentar Artikel "Mau Tau Tas Dompet atau Sendal Kamu Terbuat dari Kulit Asli atau Palsu?"