Bagaimana Cara Merawat Tas Berbahan Kulit Yang Baik? - Swangy Python

Bagaimana Cara Merawat Tas Berbahan Kulit Yang Baik?

1 tahun yang lalu    

Walau mungkin sebenarnya Anda memilih tas kulit karena keawetaanya, namun tas kulit benar benar butuh perawatan khusus. Meskipun Kulit itu sendiri telah melewati proses kimia yang cukup panjang, sehingga membuatnya berharga mahal. Saat tas kulit Anda bermasalah mungkin akan bikin kepala agak stress, mulai dari aksesoris luntur sampai Tas berjamur. Berikut adalah perlakuan yang dibutuhkan agar  bentuk dan penampilan tas kulit Anda tetap sama seperti semula selama mungkin..

 

1. Simpan ditempat terbuka/kering

sebenarnaya, tas kulit itu sendiri kalo sering digunakan resikonya kecil untuk dihinggapi jamur. Tapi karena nggak mungkin memakai tas yang sama diberbagai acara, jadi mungkin Anda menyimpan koleksi tas Anda ditempat yang safety, padahal maksud Anda baik menyimpannya dilemari tertutup agar tak terkena debu dll.. tapi itu adalah lokasi yang disukai jamur.

 

2. Jangan memebersihkan jamur dengan pelembap, handbody atau tisu basah

Pembersihan jamur dengan handbody atau tisu basah akan membuat tas kulit jadi berkerut dan keriput. Lap saja mengunakan kapas, microfiber, atau tisu basah yang dikeringkan.

 

3. Bungkus aksesoris tas menggunakan plastik/tisu

Semahal mahalnya harga aksesisoris tas mulai dari warna silver, gold, bakar (kuning kecoklatan), black nikel(sliver kehitaman), lama kelamaan mereka akan tergores dan luntur cepat atau lambat (tapi kalau tas yang memakai aksesoris yang mahal, rata-rata lunturnya lama kok tenang ajjha shay). Kalo aku saranin hindari deh beli tas kulit yang aksesorisnya berwarna gold, karena paling cepat luntur daripada bahan yang lain.

 

4. Tas jangan dijemur

Tas kulit sih gapapa kalo dipake pas panas panas, Indonesia kan iklimnya tropis, tapi bukan berarti juga Anda bisa menjemurnya seperti cucian:D Lama kelamaan dia bisa keriput dan permukaannya menjadi kasar.

 

5. Jangan dipake ujan-ujanan

Saat iklim penghujan lebih baik Anda sedia kantung kresek. Tas kalo udah kena air dia gampang banget terserang jamur. Kalo udah kena jamur, meskipun udah dibersihin, dia bakal cepet banget dihinggapi jamur lagi.. ibaratnya tubuh, dia udah rentan gitu deh.

 

6. Penggunaan Kamper atau silica gel

Coba aja gunakan kamper atau silica gel didalam tas mahal anda. Dicoba aja ya.. siapa tau bisa. Soalnya aku pernah nyobak dan tetap jamuran :). Apa karena tasku udah pernah aku ajak ujan-ujanan kali yah :)

 

7. Gunakan tas anda sesering mungkin

Kembali ke trik 1, Ini yang tips yang paling ampuh soalnya. Jadi kalo koleksi tas kulit jangan banyak-banyak yaa.. biar nggak refoot ngerawatnya. 

 

Oke sekian dulu ya trik dan tips buat ngerawat tas kulit dari aku, mungkin yang baca lebih tau dan punya trik ngerawat tas kulit yang lebih baik.. karena pengetahuan ku tentang tas kulit selama ini ya cuma itu, sangat terbatas.. monggo komeng dibawah kalo ada yang mau nambahin atau merasa tips dan trik dari aku salah kaprah, mohon dikoreksi nggeh.. terima kasih :)

 

By. Zalena Swangy




Komentar Artikel "Bagaimana Cara Merawat Tas Berbahan Kulit Yang Baik?"